Rabu, 24 Oktober 2012

Sabda Rosulullah SAW

Dari Mu’az bin Jabal ra dia berkata, “Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang perbuatan yang dapat memasukkanku ke dalam SURGA dan menjauhkanku dari NERAKA, Nabi SAW bersabda, “Engkau telah bertanya tentang sesuatu yang besar, dan perkara tersebut mudah bagi mereka yang dimudahkan Allah ta’ala”, (yaitu) Beribadahlah kepada Allah dan tidak menyekutukannya sedikitpun, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji.”
Kemudian Nabi SAW melanjutkan,”Maukah engkau aku beritahukan tentang PINTU-PINTU KEBAIKAN ?, (yaitu) bershaumlah kamu, (karena) shaum adalah benteng, dan bersodaqohlah, karena sodaqoh akan menghapus kesalahan sebagaimana air mematikan api, dan shalatnya seseorang di tengah malam (qiyamullail), kemudian beliau membacakan ayat (yang artinya) : “ Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya….”.
Setelah itu Nabi SAW bersabda lagi, “Maukah kalian aku beritahukan pokok dari segala perkara, tiangnya dan puncaknya ?”, aku menjawab, “Mau ya Nabi Allah”. Pokok perkara adalah ISLAM, tiangnya adalah SHALAT dan puncaknya adalah JIHAD.
Kemudian beliau bersabda, “Maukah kalian aku beritahukan sesuatu (yang jika kalian laksanakan) kalian dapat memiliki semua itu ?”, Aku berkata, “Mau ya Rasulullah”. Maka Rasulullah memegang mulutnya lalu bersabda: “Jagalah ini (dari perkataan kotor/buruk)”. Aku pun bertanya kepada beliau, “Ya Nabi Allah, apakah kita akan dihukum juga atas apa yang kita bicarakan ?”, beliau menjawab, “Ah kamu ini, adakah yang menyebabkan seseorang terjungkal wajahnya (diatas hidungnya) selain buah dari yang diucapkan oleh lisan-lisan mereka. (Hadits riwayat Turmuzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTricks